Destinasi Kawasan Ekowisata yang Wajib Masuk Itinerary!

Jika Anda bosan dengan kegiatan sehari-hari, maka bisa mencoba datangi destinasi kawasan ekowisata. Dijamin tubuh dan pikiran dapat kembali fresh, apalagi dengan keindahan alam serta udaranya yang asri.

Ekowisata (ecotourism) ialah salah satu tempat yang basisnya berupa alam dan memprioritaskan tentang aktivitas wisata serta wisatawan. Atau bisa juga menjadi tempat wisata yang dapat dilakukan di mana saja.

Cukup memanfaatkan lingkungan alam sekitar untuk objek pembelajarannya, jadi bukan hanya menikmati pemandangan saja. Nantinya juga ditekankan mengenai konservasi budaya, pemberdayaan sosial, serta ekonomi penduduk sekitar.

destinasi kawasan ekowisata

Daftar Destinasi Kawasan Ekowisata Indonesia

Di Indonesia sendiri ada banyak destinasi ekowisata menarik yang bisa Anda datangi, bahkan ditempatnya juga sudah lama. Selain senang-senang, pengunjung dapat ikut lestarikan alam, berikut beberapa rekomendasinya:

1.      Nusa Penida – Bali

Di sini para pengunjung pastinya akan disambut oleh gugusan perbukitan dan dikelilingi laut. Pulau mini ini punya daya tarik sendiri serta sangat menakjubkan berupa pasir putih nan eksotis.

Bukan hanya itu saja, pemandangan dari atas tebing Selatan juga sangat indah karena langsung dapat melihat Samudera Hindia. Nusa Penida juga tawarkan keindahan bawah laut istimewa karena dikelilingi laut lepas.

2.      Desa Wisata Penglipuran – Bali

Ini juga jadi salah satu destinasi kawasan ekowisata yang cukup menarik untuk didatangi. Tempat ini tawarkan peninggalan arsitektur kuno Bali dan tetap dipertahankan oleh masyarakat sekitar.

Konsep ekowisata di desa ini agar dapat menjaga lingkungan tetap bersih dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Di desa tersebut ibu-ibu biasa memilah sampah untuk pupuk atau diberikan ke tempat pembuangan.

3.      Taman Nasional Komodo – NTT

Anda juga bisa eksplor Taman Nasional Komodo di NTT yang meliputi 3 pulau besar, seperti Pulau Komodo, Rinca, serta Padar. Selain habitat komodo, tempat ini juga jadi rumah spesies lain.

Misalnya kadal, tikus, ular, kerbau, kuda, babi hutan, rusa timor, kelelawar buah, serta 40 lebih spesies burung. Daya tarik tempat ini juga tidak hanya daratannya saja, tapi biota lautnya juga sangat indah.

4.      Kawah Ijen – Jawa Timur

Untuk destinasi kawasan ekowisata selanjutnya ini ada di Banyuwangi, Jawa Timur. Anda bisa melihat langsung fenomena alam yang cukup langka yakni api biru (blue fire) dan hanya ada 2 di dunia.

Islandia merupakan negara lainnya yang punya blue fire. Api biru ini dihasilkan dari gas alam sulfur yang terbakar karena udara luar dan fenomena tersebut juga semakin menawan saat sunrise.

5.      Desa Wsata Tembi – DKI Jogjakarta

Apabila Anda bosan dengan suasana perkotaan dan ingin merasakan sejuknya pedesaan, maka bisa datang ke sini. Pengunjung dapat menghirup udara segar dengan pemandangan hamparan sawah nan hijau.

Bahkan Anda bisa menyaksikan langsung bagaimana kearifan lokal ketika berada di desa tersebut. aktivitas yang dapat dilakukan seperti mengendarai sepeda, becak, andong, atau sepeda.

Untuk Anda yang berencana untuk traveling dan bosan dengan kegiatan sehari-hari, maka bisa berkunjung ke ecotourism. Ada banyak destinasi kawasan ekowisata di Indonesia yang wajib masuk daftar liburan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *