Tempat Liburan di Gorontalo yang Penuh dengan Sejarah

Buat liburan Anda menjadi lebih menarik dengan mengunjungi tempat liburan di Gorontalo penuh dengan sejarah dan nilai kebudayaan masyarakat setempat.

Gorontalo sendiri dikenal sebagai kota dengan julukan “Kota Serambi Madinah” karena memiliki banyak sekali masjid dengan desain unik. Masjid ini juga sering menjadi destinasi wisata islami banyak dikunjungi oleh umat islam.

Tempat liburan di Gorontalo

Rekomendasi Tempat Liburan di Gorontalo Bersejarah

Selain memiliki banyak sekali masjid-masjid dengan desain unik dan menjadi destinasi wisata islami, Gorontalo juga memiliki tempat liburan yang penuh dengan sejarah. Jadi, waktu liburan Anda bisa lebih bermanfaat untuk menambah wawasan.

1.      Bantayo Poboide

Bantayo memiliki arti bangsal atau balai, sedangkan poboide memiliki arti berbicara. Jadi, Bantayo Poboide merupakan bangunan seperti rumah atau balai digunakan untuk berkumpul serta bermusyawarah.

Bantayo Poboide merupakan rumah adat yang keseluruhan bangunannya terbuat dari material kayu. Selain digunakan untuk bermusyawarah Bantayo Poboide juga biasa digunakan untuk melaksanakan upacara adat, penerimaan tamu hingga pesta pernikahan dan kegiatan sosial lainnya.

2.      Menara Keagungan Limboto

Anda juga bisa ke tempat liburan di Gorontalo untuk melihat kemegahan Menara Keagungan Limboto. Jika di Paris, Prancis memiliki menara Eiffel, Gorontalo juga memiliki Menara Keagungan Limboto yang sama-sama memperlihatkan kemegahan dan artisitik.

Menara ini terbuat dari konstruksi baja memiliki tinggi sekitar 65 meter. Menara ini menjadi salah satu simbol ikonik kota Limboto dan menjadi destinasi wisata paling populer saat ini.

3.      Museum Pendaratan Pesawat Amphibi Bung Karno

Museum Pendaratan Pesawat Amphibi Bung Karno merupakan tempat dimana Bung Karno mendaratkan kakinya menggunakan pesawat amphibi. Peristiwa ini juga terekam dalam sebuah foto terpajang di museum.

Walaupun begitu, sampai saat ini belum bisa dipastikan tanggal terjadinya peristiwa tersebut. Tidak ada keterangan apapun pada foto yang ditemukan tersebut, namun beberapa pihak dan ahli berpendapat bahwa peristiwa ini terjadi pada tahun 1950.

Selain foto bersejarah ini, Museum Pendaratan Pesawat Amphibi Bung Karno juga memiliki beberapa koleksi lainnya seperti dokumentasi saat Ir. Soekarno berkunjung ke Gorontalo, uang kertas kuno sejak era awal kemerdekaan dan masih banyak lagi.

4.      Benteng Otanaha

Ingin mengunjungi tempat liburan di Gorontalo yang bersejarah sekaligus menyuguhkan pemandangan indah, Anda harus berkunjung ke Benteng Otanaha. Benteng ini merupakan salah satu situs bersejarah bukti kedatangan Portugis ke Indonesia.

Otahana ini terletak di Kelurahan Dembe merupakan benteng utama, sedangkan ada dua benteng lainnya yang bernama Otahiya dan Ulupahu. Ketiga benteng ini banyak menarik minat wisatawan.

Tetapi untuk bisa mencapai benteng Otanaha, ada dua cara bisa Anda pilih untuk mencapainya yaitu menaiki kurang lebih 351 anak tangga atau menggunakan kendaraan mobil atau motor.

Selain banyak situs bersejarah yang bisa menjadi destinasi tempat liburan di Gorontalo. Gorontalo juga terkenal memiliki berbagai pantai yang indah serta beberapa tempat wisata lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *